Hidup dalam Bahasa

[1]
Suatu hari, Anda mendapat kiriman oleh oleh dari rekan Anda yang baru saja berlibur di luar negeri. Anda mendapatkan sejenis makanan instan, yang sayangnya, tidak bisa langsung Anda makan, melainkan harus diolah terlebih dahulu. Anda mencoba membaca petunjuk pengolahannya namun tidak dapat mengerti apa yang tertulis di sana karena bahasa yang digunakan bukanlah bahasa yang Anda mengerti sepenuhnya. Untungnya, Anda telah memasang software kamus di smartphone Anda, sehingga Anda dapat terbantu dalam membaca petunjuk pengolahan makanan instan tersebut.

Kamus digital merupakan salah satu bentuk dari applied linguistics, dan merupakan salah satu alat yang paling berguna saat ini. Dalam kehidupan kita sehari-hari, seringkali kita dapat menemukan banyak contoh applied linguistics, bahkan kebanyakan applied linguistics itu kita gunakan juga dalam keseharian kita. Namun, lebih sering kita tidak menyadarinya. Oleh karena itu, kami akan membahas tentang apa itu applied linguistics dan apa saja yang termasuk applied linguistic beserta manfaatnya pada artikel ini. Kami berharap agar artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa pun yang membutuhkan informasi terkait.

I. Apa itu Applied Linguistics (Linguistik Terapan)?

Dalam buku Linguistik Umum karya Drs. Abdul Chaer (2007), Applied Linguistics atau Linguistik Terapan merupakan bidang ilmu yang menyelidiki tentang bahasa, atau hubungan bahasa dengan faktor-faktor di luar bahasa untuk kepentingan praktis masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti, penerjemahan buku pelajaran, buku cerita, ensiklopedi, atau novel; penyusunan kamus; atau pembinaan bahasa nasional.[1]

II. Sejarah Singkat Applied Linguistics

Linguistik terapan telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dahulu, linguistik terapan memperhatikan prinsip serta praktek terhadap dasar-dasar linguistik. Pada tahun 1960, cakupan linguistik terapan diperluas dalam hal penilaian bahasa, kebijakan bahasa, dan penguasaan bahasa kedua. Linguistik terapan terus mengalami perkembangan bahkan perubahan. Pada sekitar tahun 1990, linguistik semakin meluas cakupannya, meliputi studi kritis dan multilingualisme.[2]

III. Produk dan Manfaat dari Applied Linguistics

Applied linguistics atau linguistik terapan memiliki banyak produk dalam kehidupan sehari-hari kita yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh kita. Berikut merupakan beberapa contoh produk hasil dari linguistik terapan, yaitu:

  • Kamus, buku pelajaran, ensiklopedia, dan novel;
  • Mesin penerjemah;
  • Baliho;
  • Brosur;
  • Papan penunjuk arah atau papan penanda (contohnya papan bertuliskan exit, entrance, departure, dan arrival di bandara);
  • Petunjuk penggunaan elektronik, dll.

Applied linguistics sangatlah bermanfaat untuk kehidupan kita. Dengan era globalisasi yang semakin canggih, penerapan ilmu linguistik terapan ini semakin diperlukan dan semakin terasa manfaatnya. Bentuk dan ragam produk keluarannya pun beragam. Kehidupan kita pun semakin terbantu dengan adanya penelitian yang berkelanjutan mengenai linguistik terapan.

Berikut ini adalah lampiran gambar dari contoh-contoh linguistik terapan yang sering kita temukan di sekitar kita.


Papan petunjuk[3]

 
Buku manual[4]
 
Mesin penerjemah[5]
 
Ensiklopedia[6]
 
Novel[7]
 

Baliho[8]


Daftar Pustaka
1. Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
2. Wikipedia. Linguistik Terapan. http://id.wikipedia.org/wiki/Linguistik_terapan

Sumber Gambar

1. Logo Merriam-Webster Dictionary, LINE Dictionary, Indonesian-English Dictionary, dan Oxford Dictionary of English diambil dari Google Play.
2. Gambar diambil dari situs ini.
3. Gambar diambil dari sumber ini.
4. Logo Google Translate diambil dari Google Play.
5. Gambar diambil dari sumber ini.
6. Gambar diambil dari situs ini.
7. Gambar diambil dari situs ini.

----------

Compiled by:
  1. Amana Setia Narwastu – C 0314002
  2. Anisa Rahmatika Sari – C 0314004
  3. Farida Fathoniah – C 1314003
  4. Nadya Putri Andina – C 0314027
  5. Qudwatu Nabila Rodhiya – C 0314031
  6. Tika Nur Aisyah – C 0314046
  7. Yonathan Dedi Kurniawan – C 0314050

Leave a Reply

(: my notes of thoughts :)
Powered by Blogger.